Speed Scanlation Tutorial

Ini sedikit tutorial dari saya bagaimana caranya scanlation..

Pertama-tama buka program Photoshop versi apapun juga boleh, buka file rawnya lalu klik image->mode->grayscale setelah itu klik tombol hitam putih pada Layers windows dan pilih levels (ctrl+L), atur sedemikian rupa supaya gambar yang buram itu menjadi lebih terlihat hitam dan putih dengan cara menggeser panel berwarna hitam ke kanan dan panel berwarna putih ke kiri, (setelah selesai masih banyak noise biarkan saja dahulu) save dengan format jpeg high.
Sekarang kita gunakan program neatimage buka file tadi lalu klik Device noice profile, buat sample dan klik auto profile lalu klik Noise filter setting dan atur Noise level dengan luminance channel -50% dan noise reduction amount 100% lalu klik output image->apply dan save dengan kualitas maksimum .


Sekarang kita kembali lagi gunakan Photoshop
dan gunakan lagi level(ctrl+L) dan atur agar blur hasil filter neatimage menghilang , setelah selesai kita gunakan pen tool (p) pen tool sangat berguna untuk untuk mempertebal warna hitam dan putih, ini adalah tool yang sangat penting dalam scanlations karena kita akan sangat sering menggunakan tool ini.




Buat layer baru khusus untuk bolding sehingga jika terjadi kesalahan tidak akan menggangu layer yang lain, caranya gunakan paths pada pen toolbar lalu klik pen options->rubber band sehingga kita akan bekerja mengikuti paths bukan shapes lakukan langkah demi langkah setelah selesai klik kanan->fill path dengan warna hitam atau putih dan ok!!
Jika sudah selesai jangan lupa untuk mengubah ukuran image dengan height 1200 pixel dan save dengan format PNG-24,satu hal lagi yang penting jangan lupa juga untuk mengcrop pinggiran hitam yang biasa berada pada raw ini sangat penting lho.. selesai deh. Maaf jika tutorial ini terlalu singkat kalau masih bingung silahkan kirim komentar disini.

Ini contoh hasil scanlation saya sendiri >.<
before----------->after


source : buld speedscans and shinwei tutorial

0 comments:

Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites
Google