Apache Web Server

Tugas 4 ARC

Sebelum menjelaskan apa itu Apache Web Server kita mulai dengan mengetahui apa itu web server sendiri...

Web Server adalah perangkat lunak (software) yang berjalan pada suatu komputer server yang menjalankan service web. Service pada webserver ini dapat diakses oleh client dengan media (software) yang disebut browser. Browser menmpilkan hasil dari request yang diminta oleh clent kepada server (dalam hal ini webserver). Request yang diminta contohnya web page seperti dokumen HTML(Hyper Text Markup Language), image/gambar, multimedia, dll. Komunikasi terbentuk menggunakan protokol HTTP (hyperteks transfer protokol) dengan port standar 80.

Apache
Apache adalah sebuah software open source berbasis Unix yang biasa digunakan untuk webserver. Software ini pertama kali dibuat oleh Robert McCool. Ketika pertama kali muncul, apache adalah satu-satunya alternatif open source dari Netscape Communications Corporation webserver yang saat ini dikenal sebagai Sun Java System WebServer. Apache pada mulanya adalah suatu produk yang bekerja pada Unix Based Operating System seperti Linux atau BSD, tetapi sekarang apache dapat berjalan pada operating system lain seperti Microsoft Windows.
Apache mensupport berbagai macam fitur. Contoh fitur yang didukung oleh apache adalah bahasa pemograman seperti php, perl, phyton, Tcl. Apache juga mendukung virtual hosting pada suatu server, contohnya satu mesin yang terinstall apache dapan menjadi server dari www.example.com, www.test.com, test47.test-server.test.com,dll.
Sejak April 1996, apache adalah software yang paling populer dan banyak digunakan untuk webserver di seluruh dunia. Pada Januari 2007 apache menjadi software yang digunakan 60% website yang ada di seluruh dunia.
Asal mula nama Apache sendiri berasal ketika sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 memiliki sejumlah perubahan besar terhadap kode sumbernya (patch). Saking banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebuah server yang memiliki banyak patch ("a patchy" server). Tetapi pada halaman FAQ situs web resminya, disebutkan bahwa "Apache" dipilih untuk menghormati suku asli Indian Amerika Apache (Indé), yang dikenal karena keahlian dan strategi perangnya. Versi 2 dari Apache ditulis dari awal tanpa mengandung kode sumber dari NCSA.





0 comments:

Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites
Google